Cara Belajar Penggunaan Properties.
Properties adalah
Sesuatu yang di punyai oleh objek, atau setiap komponen di dalam
pemrograman visual basic dapat di atur propetinya sesuai dengan
kebutuhan aplikasi. Property yang tidak boleh di lupakan pada setiap
komponen adalah “Name” yang berarti nama variable (komponen) yang akan
digunakan dalam scripting.
Misal : TextBox mempunyai proeprty nama atau property text
Adapun keterangannya adalah sebagai berikut :
1. BackColor : untuk merubah warna dasar form
2. BorderStyle : Untuk mengubah border form.
· Fixed Single : agar form ukuran form tidak bisa di ubah saat program sedang berjalan.
· Sizable : agar form ukuran form bisa di ubah saat program sedang berjalan.
3. Caption : untuk mengubah judul form
4. ControlBox : untuk menampilkan minimize, maximize, dan close. ubah nilainya menjadi true atau false.
5. Enable : untuk mengubah form bisa digunakan atau tidak.
6. Icon : untuk memasukan sebuah icon ke dalam form. adapun format gambar yang di sarankan adalah *.ico
7. MaxButton : untuk mengubah control maximize pada form. ubah nilainya menjadi true atau false.
8. MinButton : untuk mengubah control minimize pada form. ubah nilainya menjadi true atau false.
9. Moveable : untuk mengubah form bisa di gerakan atau tidak, ubah nilainya menjadi true atau false.
10. Picture : untuk memberi gambar pada form
11. ShowInTaskbar : untuk mengubah apa form akan di tampilkan di taskbar atau tidak. ubah nilainya menjadi false atau true.
12. StartUpPosition : agar mengubah posisi form saat pertama kali dijalankan. ubah nilainya menjadi CenterScreen agar ada di tengah layar.
13. Visible : agar form di tampilkan atau tidak. ubah nilainya menjadi true atau false.
14. WindowState : untuk mengubah tampilan form waktu pertamakali di jalankan.
· Normal : untuk tampilan normal sebagaimana program aslinya
· Minimazed : pertama kali di jalankan program langsung dalam keadaan minimaze
· Maximazed : : pertama kali di jalankan program langsung dalam keadaan maximize
15. Name : untuk mengubah nama form, defaultnya adalah misal Form1 atau Form2 atau seterusnya.
Cara Belajar Penggunaan Objek.
Objek : Dapat diartikan sebagai sebuah benda, dalam hal ini anggap saja Objek adalah TextBox, Label, dan Button.
Setiap objek mengandung tiga hal utama seperti di bawah ini :
1. Property atau atribut
Property adalah karakteristik atau sifat – sifat dari sebuah objek. Misalnya
property warna untuk teks adalah hitam, ukurannya 1x2unit, warna background
nya adalah putih dan sebagainya.
2. Metode
Metode (method) adalah serangkaian prosedur yang dimiliki oleh suatu objek
yang akan dijalankan sesuai dengan respon yang diberikan oleh suatu perintah
atau kejadian yang dilakukan oleh user. Misalnya, objek tombol EXIT memiliki
metode keluar dari aplikasi setelah user mengklik tombol tersebut.
3. Event
Event adalah “kejadian” atau segala sesuatu yang dapat dialami oleh sebuah
objek. Sebagai contoh, meletakan mouse diatas objek, mengklik tombol mouse
pada sebuah tombol, mengetik pada kotak teks, dan sebagainya.
1. Picture Box
Kontrol untuk menampilkan file bitmaps (.bmp, .dib), windows metafile
(.wmf, .cmf), icon (ico, .cur), GIF(.gif) dan JPEG (.jpg) (awalan : pic).
Berikut ini adalah property dari Picture Box yang sering digunakan :
Properties :
· Align : Menentukan perataan gambar pada jendela form
· Appearance : Tampilan objek apakah biasa atau 3-D
· AutoSize : Ukuran kontrol akan secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran objek didalamnya
· BackColor : Warna latar belakang Picture Box
· BorderStyle : Jenis bingkai disekeliling Picture Box
· FillStyle : Pola arsiran di dalam Picture Box
· Picture : Gamnbar yang akan ditaruh di dalam Picture Box
2. Label
Kontrol yang dapat menampilkan teks, namun tidak dapat diedit oleh user
(awalan : lbl). Berikut ini adalah property dari Label yang sering
digunakan :
Properties :
· Alignment : Perataan teks Label (rata kiri, rata tengah, atau rata kanan), di antara pembatas kontrol
· AutoSize : Ukuran kontrol akan secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran objek didalamnya
· BackColor : Warna latar belakang Picture Box
· BackStyle :
Menentukan apakah Label bersifat :
0-Transparent : transparan (tembus pandang)
1-Opaque : tidak transparan
· Caption : Teks yang akan ditamilkan pada Label
· Font : Mengubah jenis dan ukuran huruf untuk Label
· ForeColor : Warna teks dari Label
3. Text Box
Unit kontrol yang dapat menampilkan teks, dimana user dapat berinteraksi
dan mengeditnya (awalan : txt). Berikut ini adalah property dari Text Box
yang sering digunakan :
Properties :
· Alignment : Alignment Perataan teks Label (rata kiri, rata tengah, atau rata kanan)
· BackColor : Warna latar belakang Picture Box
· BackStyle :
Menentukan apakah Label bersifat :
0-Transparent : transparan (tembus pandang)
1-Opaque : tidak transparan
· Font : Mengubah jenis dan ukuran huruf untuk Label
· ForeColor : Warna teks dari Label
· ScrollBars : Menampilkan Scroll Bar (penggulung) juika memilih property MultyLine
· Text : Teks yang akan ditampilkan atau yang akan diketikan pada Text Box
4. Frame
Merupakan unit kontrol yang mengindentifikasi sebuah grup kontrol dan
frame bertindak sebagai parent kontrol (awalan : fra). Berikut ini adalah
property dari Frame yang sering digunakan :
Properties :
· Caption : Judul yang akan ditamilkan pada Frame
· Font : Mengubah jenis dan ukuran huruf untuk Frame
5. Command Button
Unit ini akan membuat sebuah tombol yang umumnya digunakan untuk
mengeksekusi sebuah rutin (awalan : cmd). Berikut ini adalah property
dari Command Button yang sering digunakan :
Properties :
· Enable : Menentukan apakah tombol perintah aktif atau tidak
· Captio : Teks yang akan ditamilkan pada tombol perintah
· Font : Mengubah jenis dan ukuran huruf untuk Command Button
· Visible : Apakah tombol perintah akan ditampilkan atau disembunyikan dari user pada saat program dijalankan
6. Check Box
Unit ini akan memberi perintah Benar/Salah atau Ya/Tidak.
Memungkinkan untuk memilih beberapa pilihan sekaligus dalam suatu
kelompok pada saat bersamaan (awalan : chk). Berikut ini adalah property
dari Check Box yang sering digunakan :
Properties :
· Value: Untuk menentukan nilai dari item Check Box yang secara default dipilih pada saat aplikasi dijalankan
0-Uncheck : item pada Check Box tidak dipilih
1-Check : item pada Check Box dipilih
2-Grayed : item pada Check Box berwarna abu – abu
· Style: Untuk menentukan jenis dari Check Box
0-Standard : kontrol Check Box bergaya standar
1-Graphical : kontrol Check Box mirip seperti
Command Button, jika tombol ini dipilih ia aka tampak masuk ke dalam
7. Option Box
Unit ini memiliki fungsi untuk membentuk grup pilihan, namun hanya
memungkinkan pemakai untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan
yang ada pada satu grup (awalan : opt). Berikut ini adalah property dari
Option Button yang sering digunakan :
Properties :
· Alignment : Untuk menentukan menentukan letak tombol OptionButton relatif pada teks Caption-nya
0-Left Justify : tombol berada di sebelah kiri teks
1-Right Justify : tombol berada di sebelah kananteks
· Value : Menentukan apakah suatu Option Button secara default terpilih pada saat aplikasi pertama kali dijalankan
8. Combo Box
Merupakan unit dengan kombinasi antara TextBox dan ListBox. Dengan
unit ini pemakai dapat mengetikkan atau memilih item lewat drop-down
list (awalan : cbo). Berikut ini adalah property dari Combo Box yang
sering digunakan :
Properties :
· List : Daftar pilihan yang ingin dimasukan kedalam kotak Combo
· Sorted : Menentukan apakah daftar di dalam kotak combo akan diurutkan secara otomatis
· Style : Menentukan jenis kotak Combo.
0-DropDown Combo : kotak Combo terbuka dan menampilkan pilihannya jika diklik
1-Simple Combo : kotak Combo menampilkan pilihan – pilihan pada daftar yang selalu terbuka
2-DropDown List : kotak Combo terbuka dan menampilkan pilihan seperti daftar kotak List
9. List Box
Unit ini akan menampilkan daftar item dimana pemakai dapat memilih
salah satu dari beberapa item yang ditampilkan (awalan : lst). Berikut ini
adalah property dari List Box yang sering digunakan :
Properties :
· List : Daftar pilihan yang ingin dimasukan kedalam kotak List
· Sorted : Menentukan apakah daftar di dalam kotak List akan diurutkan secara otomatis
· Style : Menentukan jenis kotak List apakah akan ditampilkan bergaya standar atau ditambahi dengan kotak cek.
0-Standard : kotak List bergaya standar
1-Checkbox : kotak List disertai dengan kotak cek
· MultiSelect : Cara pemilihan dalam kotak List :
0-None : user hanya bisa memilih satu item dengan mengklik mouse atau menekan SpaceBar
1-Simple : user bisa memilih lebih dari satu dengan Ctrl+klik
2-Extended : user bisa memilih banyak pilihan dengan menggunakan
Shift+klik atau Ctrl+klik
10. HScrollBar
Untit ini memungkinkan pemakai untuk memilih suatu objek selama masih
dalam jangkauan horisontal objek. Selain itu unit ini juga bisa digunakan
sebagai input untuk memasukkan nilai suatu data (awalan : hsb). Berikut
ini adalah property dari HScrollBar yang sering digunakan :
Properties :
· Min : Menentukan nilai terendah dari range ScrollBar
· Max : Menentukan nilai tertinggi dari range ScrollBar
· SmallChange: Besarnya perubahann nilai saat user mengklik panah pada ScrollBar
· LargeChange:Besarnya perubahann nilai saat user mengklik ruan penggulung pada ScrollBar
· Value : Besarnya nilai (dalam integer)yang mewakili posisi dari ScrollBar
11. VScrollBar
Sama dengan Horisontal ScroolBar hanya saja untuk jangkauan vertikal
(awalan : vsb). Property yang digunakan pada VScrollBar ini sama seperti
property pada HscrollBar.
12. Timer
Unit ini digunakan untuk mengeksekusi waktu kejadian pada rutin
program termasuk interval waktu (awalan : tmr). Berikut ini adalah
property dari Timer yang sering digunakan :
Properties :
· Enabled : Yang membuat Timer mulai menghitung waktu jika nilainya True dan berhenti menghitung jika nilainya False
· Interval : Berfungsi
mengaktifkan even Timer() jika nilai di dalamnya dilampaui. Property
ini mempunyai nilai dalam ukuran milidetik atau perseribu detik
13. Shape
Unit ini akan memungkinakan program untuk menambahkan bentuk
lingkaran, elips dan persegi empat pada form (awalan : shp). Berikut ini
adalah property dari Shape yang sering digunakan :
Properties :
· FillStyle : Pola arsiran di dalam bangun
· Shape : Jenis – jenis bangun
14. Line
Unit ini memungkinkan pemrogram untuk membuat garis lurus pada form
(awalan lin). Berikut ini adalah property dari Line yang sering digunakan :
Properties :
· BorderStyle : Pola atau macam garis
· BorderWidth : Ketebalan garis
· DrawMode : Cara garis berinteraksi dengan ampilan Form. (nilai defaultnya 13 Copy Pen)
· Visible : Menampilkan / menyembunyikan garis
15. Image
Unit ini dapat menampilkan gambar bitmap, metafile, icon, GIF, JPEG.
Perbedaannya dengan PictureBox adalah kontrol ini memiliki akses lebih
cepat namun properti dan event yang dimilikinya lebih sedikit (awalan :
img). Berikut ini adalah property dari Image yang sering digunakan :
Properties :
· Appearance : Tampilan objek apakah biasa atau 3-D
· Picture : Gamnbar yang akan ditaruh di dalam Image
· Streach : Ukuran gambar yang didalam kontrol akan menyesuaikan dengan ukuran kontrol Image jika nilainya True
16. ADODC
Unit ini digunakan untuk mengakses suatu file database untuk dapat
dimanipulasi dalam aplikasi. Berikut ini adalah property dari ADODC
yang sering digunakan :
Properties :
· ConnectionString: Akan memilih Database mana yang akan diakses
0 komentar:
Post a Comment